15 October 2013

Ponsel Berpengaruh Buruk Pada Tulang Belakang





Terlalu sering menggunakan ponsel ternyata dapat berakibat fatal bagi tulang belakang. Mengapa?

Berdasarkan penelitian, rata-rata orang memakai ponsel 110 kali sehari, dan itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tulang leher hingga punggung.
Saat membaca dan menulis pesan teks atau bermain game di ponsel, kepala pengguna cenderung menunduk, dan dalam jangka waktu lama dapat menambah tekanan serta beban pada tulang belakang.

http://us.images.detik.com/content/2012/02/28/763/ponsel4tsdlm.jpgKondisi inilah yang membuat seseorang merasa pegal dan sakit di leher setelah memakai ponsel dalam waktu lama.

DailyMail melansir, ahli ortopedi Dr Matt Herba mengatakan makin banyak pasien, terutama anak-anak yang mengeluh menderita sakit pada lehernya. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menjadi permanen.

"Studi menunjukkan ketika kepala condong ke depan, akan menambah beban hingga 4,5 kg pada tulang belakang," ujar Dr Herba yang juga merupakan seorang ahli urut tulang di Florida, AS.

Ia memaparkan, anak muda zaman sekarang banyak yang menderita sakit leher akibat asyik memainkan ponsel atau smartphone mereka.

"Terlalu banyak menunduk bisa memicu kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tulang rawan dan jaringan di antara ruas-ruas tulang belakang," ujarnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Dr Herba menyarankan agar frekuensi penggunaan ponsel atau smartphone dikurangi. Para pengguna harus waspada dengan risiko terjadinya cedera pada otot, tendon dan urat yang disebabkan gerakan yang dilakukan berulang-ulang pada satu bagian tubuh.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Occupational Safety and Ergonomics itu menegaskan ada 53% pengguna ponsel yang menderita leher, kaku, sakit dan kram.




0 komentar:

Post a Comment